Praktikum pemrograman dan aplikasi Komputer

pemrogramanPraktikum pemrograman dan aplikasi komputer di Jurusan teknik pertanian mulai dilaksanakan pada awal April ini,Praktikum ini dahulu bernama Penerapan Komputer, dengan materi pembelajaran Ms.Office, Ms. Excel, Matlab dll, kebanyakan hanya berupa pengenalan komputer dan bagaimana menggunakan untuk mambantu kegiatan perkuliahan.

Kemajuan perkembangan penggunaan komputer menuntut perubahan kurikulum, yang sebelumnya (kurikulum 2002) diperbaharui dengan kurikulum baru (Kurikulum 2006), Nama praktikum “Penerapan Komputer” juga mengalami perubahan menjadi “Pemrograman dan Aplikasi Komputer”, perubahan nama yang juga menuntut untuk lebih berbobotnya materi yang disampaikan kepada mahasiswa, yang semula hanya diajarkan pengenalan komputer, sekarang dituntut untuk mampu (paling tidak) memahami dan menggunakan bahasa pemrograman (dalam kasus ini menggunakan bahasa pascal nya delphi).

Selain bobot materi perkuliahan yang berubah, mahasiswa juga dituntut untuk lebih berusaha keras dari pada sebelumnya, kesulitasn yang biasa dihadapi oleh praktikan pada saat pertama kali melaksanakan praktikum Pemrograman dan aplikasi komputer adalah sebagai berikut:

  1. Sebelumnya belum pernah bemain dengan komputer, namun saat ini hampir semua mahasiswa sudah memiliki leptop sendiri, jadi permasalahan ini tidak begitu banyak ditemui sekarang
  2. Kurang mau membaca dan melaksanakan panduan dengan teliti, kurangnya ketelitian akan membuat aplikasi yang dibuat tidak dapat berjalan, hal ini menuntut asisten untuk mengecek code perbaris yang terdapat kesalahan penulisan ..fiuh..
  3. Belum memahai konsep yang diberikan pada saat kuliah, yah memang inilah pentingnya praktek..
  4. Merasa sudah benar..nah ini yang agak susah dan banyak ditemui :p

Praktikum pemrograman dan aplikasi komputer in imenggunakan delphi dengan bahasa pascal sebagai tool nya, untuk kedepannya apakan diusahakan penguunaan aplikasi opensource yang dapat menggantian aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.